Tentang Kami

Makanan Wajib di Indonesia adalah tempat peleburan berbagai rasa. Rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis, menawarkan beragam hidangan lezat, banyak di antaranya menggunakan bumbu dan rempah-rempah untuk meningkatkan rasa.

Hidangan yang menggugah selera akan membuat Anda menginginkan lebih! Jadi, manjakan mata Anda dan cobalah untuk tidak ngiler melihat 10 makanan Indonesia yang wajib dicoba ini:

Makanan Wajib di Indonesia

1 | Rendang di Padang

Rendang, hidangan asli Indonesia dari Padang, sering dipuji sebagai salah satu makanan terbaik dunia. Daging sapinya yang empuk dimasak dengan sempurna dengan bumbu dan rempah yang beraroma. Karena teksturnya yang juicy dan keseimbangan bumbu yang sempurna, rendang menjadi favorit para wisatawan!

Legenda mengatakan bahwa orang Minangkabau membawa hidangan ini bersama mereka dalam perjalanan panjang. Mereka membutuhkan makanan yang dapat diawetkan secara tradisional dan tidak kehilangan rasa dan kesegarannya. Oleh karena itu, penduduk desa Minangkabau biasa memasak daging sapi dengan bumbu tradisional dan santan selama sekitar 7-8 jam, metode konvensional untuk mengawetkan daging sekaligus menjaga rasa gurihnya tetap utuh.

2 | Pempek di Palembang

Pempek, hidangan Indonesia dari Palembang, adalah kue ikan tradisional yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Memiliki lapisan luar yang renyah dan tekstur kenyal yang lembut, masakan lezat ini disajikan dengan kuah asam manis yang disebut kuah cuko. Pendamping biasa pempek adalah irisan timun dan mie.

Konon jajanan garing ini berawal ketika seorang warga di Palembang membuat resep baru dengan melapisi daging ikan giling dengan tapioka dan menggorengnya. Ketika dia menyadari betapa lezatnya itu, dia bersepeda melalui desanya untuk menjual hidangan ini. Tidak lama kemudian, pempek menjadi jajanan populer dan masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Meskipun ada banyak kios yang menjual hidangan ini, tempat yang populer untuk membelinya adalah dari Pempek Candy di Palembang.

3 | Ketoprak di Jakarta

Populer dijual di jalanan Jakarta, ketoprak dianggap sebagai salad tahu. Ini terdiri dari tahu goreng, telur rebus, ketupat atau lontong, bihun, tauge, kol, dan mentimun. Disajikan dengan saus kacang yang gurih dan kecap manis serta taburan bawang merah goreng dan krupuk di atasnya. Manisnya pedas dari saus dan sedikit garam dari tahu goreng melengkapi hidangan ini. Wajib dicoba saat berkunjung ke Jakarta.

Dikatakan bahwa hidangan ini muncul ketika seorang pria, yang hanya makan kue beras kukus dan tauge, memutuskan untuk menikmati apa yang dia miliki. Jadi dia menumbuk beberapa kacang, bawang putih, dan cabai, dan menambahkan air untuk membuat saus yang kental. Dia menambahkan saus kacang ini ke bahan sederhananya dan menciptakan ketoprak, jajanan kaki lima yang terkenal di Indonesia.

4 | Siomay di Bandung

Dijual hampir di mana-mana di Indonesia, siomay adalah jajanan pinggir jalan sederhana yang harus dicoba setiap orang setidaknya sekali seumur hidup. Ini sangat populer di Bandung, Jawa Barat. Mirip dengan shaomai masakan Cina, siomay terdiri dari pangsit ikan kukus dengan tekstur kenyal. Namun, siomay disajikan dengan bahan yang berbeda, termasuk irisan kentang, pare, kol gulung, dan tahu. Ditemani dengan saus kacang yang lezat untuk menambahkan semburan kebaikan yang gurih.

5 | Gudeg di Yogyakarta

Gudeg adalah makanan manis khas Yogyakarta. Terbuat dari nangka mentah atau gori yang dipadukan dengan santan kental dan gula aren. Untuk mendapatkan cita rasa gudeg yang otentik, orang sering memasaknya di panci tanah di atas api kayu atau arang. Camilan lezat ini sering disajikan dengan bumbu, seperti ayam, telur rebus, tempe, tahu, dan sambal krecek atau kulit sapi yang renyah dengan sambal. Biasanya dijual di jalan-jalan Yogyakarta, tetapi tempat paling terkenal untuk membeli gudeg adalah Wijilan dan Barek.

6 | Nasi Liwet di Solo

santan, kaldu ayam, daun salam, dan serai. Hidangan Indonesia ini terdiri dari nasi lembut beraroma dengan suwiran ayam, telur dadar, cabai, dan berbagai sayuran. Banyak warung pinggir jalan di Solo yang menjual nasi liwet dan menyajikannya dengan berbagai macam masakan, seperti tempe atau telur pindang (telur yang direbus dalam kecap dengan bawang merah cincang). Disajikan dengan dibungkus daun pisang atau daun jati.

7 | Lumpia di Semarang

Semarang terkenal dengan makanannya yang lezat, termasuk hidangan khasnya yang disebut lumpia. Pembuka ini terinspirasi oleh lumpia Cina tetapi dimodifikasi dengan rasa otentik dari Semarang. Lumpia menawarkan semburan cita rasa Indonesia dalam isiannya dengan bahan-bahan seperti rebung, ayam cincang, telur dadar, ebi, atau udang kering yang dimasak dengan bumbu yang pas.

Lumpia memiliki lapisan luar yang tipis dan renyah dengan isian sayuran yang manis dan gurih di dalamnya. Disajikan dengan saus khusus, bumbu yang sempurna untuk menemaninya.

8 | Rawon di Surabaya

Rawon, semur daging sapi yang lezat, adalah hidangan terkenal di Surabaya. Rempah-rempah tradisional seperti serai, cabai, jahe, daun jeruk, dan kluwek atau kacang hitam ditambahkan ke daging empuk yang direbus lambat. Kluwek inilah yang memberikan rasa yang kaya dan warna hitam yang unik pada rebusannya. Dikatakan bahwa rawon pada dasarnya adalah hidangan plebeian di masa lalu, tetapi nikmatnya yang nikmat segera menjadi populer di kalangan bangsawan Indonesia!

9 | Bakso di Malang

Disajikan dengan bakso dan pangsit goreng dalam kuah hangat yang lezat, bakwan Malang adalah hidangan Indonesia yang cocok untuk musim hujan. Berasal dari Malang, hidangan ini telah diadaptasi dari tradisi Indonesia-Cina dan terbuat dari bakso sapi atau ayam. Hidangan makanan lezat yang lezat ini terkadang termasuk bihun, daun bawang, dan bawang merah goreng. Kecap manis dan sambal juga disajikan untuk pelanggan yang ingin menambah cita rasa masakan mereka. Restoran terkenal yang menyajikan bakso Malang terbaik adalah Bakso Presiden Malang.