Wajib Coba Kulineran Klaten

Wajib Coba Kulineran Klaten

Wajib Coba Kulineran Klaten – Klaten sendiri menjadi salah satu kota sekaligus pusat pemerintah Kabupaten Klaten di Jawa tengah.

Banyak makanan nikmat di situ yang tidak dapat diketemukan pada tempat lain diantaranya seperti soto bebek, soto pecok sampai sego gudangan.

Wajib di Coba Kulineran Klaten di Jamin Nggak Bikin Kecewa

Klaten sebagai salah satunya kabupaten yang ada di Propinsi Jawa tengah yang dikenali cukup unik. Selain itu Klaten ada di dua keraton, yakni Keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Baca Juga: Taco Paling Enak Mexico

Klaten benar-benar sangat populer dengan banyak tempat rekreasi yang memikat untuk ditelusuri. Kecuali rekreasi, hidangan ciri khas Klaten juga jadi daya terik tertentu untuk pelancong yang tiba ke Klaten. Bila kamu ada gagasan untuk berkunjung Klaten,

Sego Wiwit

Kulineran Klaten yang pertama ialah Sego Wiwit. Sego Wiwit sebagai makanan yang memiliki kandungan filosofi unik. Hidangan ini ada karena adat sedekah bumi berdasar hasil panen yang melimoah. Umumnya beberapa petani rayakannya dengan nikmati Sego Wiwit ini.

Tetapi saat ini tidak perlu menanti saat panen untuk nikmati Sego Wiwit ini. Kamu dapat menemui Sego Wiwit ini di beberapa rumah makan di Kabupaten Klaten atau di pasar.

Sego Wiwit terbagi dalam isian yang cukup berlimpah. Isinya dimulai dari sayur, lauk dan lahapan. Satu jatah Sego Wiwit ini juga dapat disebut lumayan besar dan cukup mengenyangkan.

Sego Gudangan

Untukmu yang diet atau seorang vegetarian, kulineran Klaten yang ini wajib buat dicicip. Hidangan ini namanya Sego Gudangan dan sering dikatakan sebagai saladnya warga Jawa.

Isian dari Gudangan ini berbentuk bermacam jenis sayur, dimulai dari bayam, wortel, kacang panjang, bunga turi dan tauge yang direbus. Sayur tersbeut selanjutnya dikasih parutan kelapa yang sudah diolah selanjutnya diberi dengan bumbu kacang pedas. Sementara untuk lauknya kamu bebas pilih tahu atau tempe rebus.

Nasi Terancam

Kecuali Sego Gudangan yang kulineran Klaten seterusnya dikenal juga benar-benar sehat yakni Nasi Terancam. Makanan ini dikatakan sebagai Salad ala-ala Indonesia karena dibikin dari bermacam tipe sayur.

Terancam ini dibuat dari ketimun, petai cina, kol, kecang panjang dan kemangi yang selanjutnya dikasih parutan kelapa pedas. Umumnya Terancam ini dicicipi dengan nasi putih dan bermacam opsi lauk, dimulai dari ayam goreng sampai dalaman. Tetapi, kalau kamu ingin menikmatinya tanpa lauk juga masih tetap berasa sedap.

Geplak

Kulineran Klaten yang ini sebagai kelompok camilan dan kerap dihidangkan sebagai sajian atau jajan. Tidak itu saja, Geplak kerap jadi sebagai oleh-olehan ke keluarga karena benar-benar disukai oleh semua umur.

Geplak dibuat dari parutan kelapa yang selanjutnya diolah dengan gula. Sesudah masak, adonan itu selanjutnya dibuat bulat-bulat dan dikasih bahan warna bikinan. Seperti merah, putih, cokelat dan hijau. Berwarna-warni dari Geplak ini kelihatan benar-benar elok dan memikat untuk selekasnya dicicipi.

Wajib Coba Kulineran Klaten Bakmi Miroso

Bakmi Miroso sebagai kulineran Klaten yang populer benar-benar legendaris. Hidangan ini sebagai makanan ciri khas Klaten yang bejenis Chinese Food, tetapi sudah pasti makanan ini Halal.

Warung yang berada tidak jauh dari Alun-alun Klaten ini sangat populer di kelompok pencinta mie karena mempunyai struktur mie yang kenyal dan cita-rasa Chinese yang kental. Tidak cuman mie, di sini juga kamu dapat pesan bermacam menu yang lain, seperti koloke, nasi goreng sampai cap cay.

Sop Ayam Pecok

Kulineran Klaten yang lain yang harus kamu cicip ialah Sop Ayam Pecok. Hidangan ini dapat disebut cukup berlainan dengan sop biasanya, begitupun rasanya yang populer begitu nikmat.

Sop ayam ini berisi daging ayam, wortel, ketang dan diguyur dengan kuah kaldu ayam yang selanjutnya dikasih taburan bawang goreng. Menariknya, kamu dapat pilih sendiri daging ayamnya dan penjualnya akan mengguntingkan langsung buat kamu. Sisi daging ayam sebagai opsi itu dikatakan sebagai dipecok.

Kamu dapat pilih bagian-bagian dari ayam, seperti paha, dada, brutu, kepala, sayap sampai dalaman. Ayam tersbeut sudah pasti telah pada kondisi masak dan sudah direbus telebih dulu supaya berasa lebih nikmat saat dikonsumsi.

Soto Bebek Wajib Coba Kulineran Klaten

Jika umumnya kamu menemui soto ayam atau soto daging sapi, soto yang ini pasti benar-benar unik dan pantas buat kamu coba. Soto Bebek jadi kulineran Klaten yang cukup terkenal dan kerap dicari oleh pelancong yang bertandang ke Klaten.

Soto Bebek ini terbagi dalam tauge, kubis dan tomat yang tentu saja dikasih potongan daging bebek yang selanjutnya diguyur dengan kuah kaldu yang dibuat dari rebusan daging bebek dan rempah-rempah yang lain sebagai pendukung rasa.

Hidangan yang ini benar-benar pas bila dicicipi saat makan siang, pasalnya kuah kaldu bebek yang fresh dan renyah pasti dapat membuat siang kamu berasa lebih beri kesegaran. Masalah harga, kamu tidak perlu cemas karena Soto Bebek ini dibandrol dimulai dari Rp 10.000 per jatahnya.

Bebek Bacem

Kulineran Klaten yang ini masih tetap memakai daging bebek, yakni Bebek Bacem. Bila umumnya kamu nikmati daging bebek dengan dibakar, karena itu kamu harus mencicip dengan yang lain yakni dengan dibacem.

Daging bebek ini diolah dengan direbus memakai gula jawa sampai airnya habis. Seperti tempe bacem dan tahu bacem, bebek bacem ini juga mempunyai warna cokelat dengan rasa yang cukup manis. Sesudah lewat proses bacem, daging bebek itu dimasak sampai kering. Masalah rasa tentu saja tidak perlu disangsikan kembali dan akan makin nikmat bila dikonsumsi bersama-sama dengan nasi hangat.

Wajik

Wajik sebagai kulineran Klaten yang mempunyai cita-rasa manis. Kuliner Wajik umumnya dihidangkan sebagai kudapan karena dipandang tidak begitu mengenyangkan.

Wajik dibikin dari ketan yang dikasih gula jawa atau gula tebu yang selanjutnya dibuat kerucut. Proses pembikinannya juga dengan rebus ketan dengan santan selanjutnya dikasih gula, baru dibuat sesuai dengan selera. Hidangan ini biasa diketemukan di beberapa pasar tradisionil di Klaten pada harga mulai Rp 2.000 saja.

Wajib Coba Kulineran Klaten Slondok

Kulineran Klaten yang wajin kamu coba yang paling akhir ialah Slondok. Nama dari makanan ini memang lumayan unik, tidaklah aneh bila camilan ini benar-benar dicari oleh pelancong.

Slondok sebagai cemilan berbentuk krupuk ciri khas Klaten yang dibikin dari Singkong yang digiling dengan dikasih tambahan bumbu. Cemilan ini mempunyai rasa yang renyah dan struktur yang gurih. Tetapi rupanya dibalik kesedapannya, proses pengerjaan Slondok ini cukup memerlukan waktu yang panjang. Diawali dengan singkong dihancurkan dan dijemur sampai kering, kemudian dimasak sampai kering sampai teksturnya jadi gurih.

Itu barusan kulineran Klaten yang wajib buat kamu coba atau kamu membawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di dalam rumah. Kulineran itu dikenali cukup unik dan dapat diketemukan dengan gampang di Kabupaten Klaten. Selamat mempraktikkan.